Kolase Foto Sri Mulyani dan Muhammad Adil.
Sumber :
  • Istimewa

Pernah Protes Menkeu soal DBH Migas, Kini Bupati Kepulauan Meranti Kena OTT KPK

Jumat, 7 April 2023 - 02:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil yang pernah protes Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani tentang Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, kini terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (6/4/2023) malam.

Kabarnya, Muhammad Adil terkena OTT KPK dengan sejumlah pejabat pemda lainnya. Seperti Kadispenda dan Kabag Umum Pemda Kepulauan Meranti.

Bahkan, terlihat sejumlah ruangan di Kantor Bupati Kepulauan Meranti tampak sudah disegel menggunakan garis dan stiker KPK. 

Sebelumnya seperti diketahui, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyindir Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil di hadapan para kepala daerah. Hal ini lantaran Adil memprotes DBH Migas yang diterima daerahnya menurun. 

Sebab, menurut Adil, daerah yang dipimpinnya sedang menghasilkan banyak minyak. Sementara, Sri Mulyani menegaskan, DBH yang diberikan Pemerintah Pusat sesuai dengan aturan perundang-undangan. Ia juga menyebut pada 2022, tercatat Transfer ke Daerah (TKD) naik 3,9 persen atau Rp 816 triliun dengan komponen terbesar yaitu DBH.

"Komponen paling besar adalah DBH ini karena ada juga Bupati yang menanyakan, kenapa harga minyak tinggi saya enggak dapet dana bagi hasil. Kami akan membagikan sesuai dengan aturan perundang-undangan, dan data-data pun kita peroleh dari kementerian lembaga mengenai berapa yang harus dibagi-hasilkan," tegas Sri dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023, Selasa, (17/1/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral