Jember digempur pupuk palsu, petani resah.
Sumber :
  • tvone - sinto sofiadin

Petani Resah, Pupuk Palsu Marak Beredar di Jember

Selasa, 26 Oktober 2021 - 12:33 WIB

Jember, Jawa Timur - Kondisi terbatasnya alokasi pupuk subsidi dari pemerintah yang kini hanya 50 persen, dinilai meresahkan petani. Kondisi ini pun, diperparah dengan gempuran adanya pupuk abal-abal (palsu).

Bahkan kata Ketua HKTI Jember Jumantoro, jika petani tidak berhati-hati dan waspada. Pupuk abal-abal itu terbeli dan terpakai, kemudian sebabkan hasil pertanian merugi.

"Pupuk subsidi bukannya langka, tapi mengalami alokasi yang terbatas. Sehingga kondisi sekarang kurang dan buat petani menderita. Sehingga petani dianjurkan menggunakan pupuk non subsidi. Nah saat memakai pupuk non subsidi. Jika petani tidak waspada, dan hati-hati. Jatuhnya malah dapat pupuk abal-abal (palsu)," ungkap Jumantoro saat dikonfirmasi wartawan.

Gempuran akan pupuk abal-abal ini, kata Jumantoro, dinilai mengkhawatirkan. 

"Karena bentuk kemasannya, mirip ponska atau N96 (jenis pupuk) yang asli. Jadi petani harus benar-benar waspada untuk memilih pupuk," ujarnya.

Jumantoro menyampaikan, dengan kondisi terbatasnya alokasi pupuk subsidi tersebut. Pihaknya memberikan saran jika ada kenaikan harga pupuk subsidi.

"Lebih baik dinaikkan harga pupuk subsidi yg wajar tapi Cukup alokasinya," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral