Dok. Partai Buruh saat Lakukan Aksi di depan Gedung KPU.
Sumber :
  • tim tvOnenews/ Syifa Aulia

Lusa, Ribuan Buruh Bakal Geruduk Gedung MK dan Istana Negara

Sabtu, 3 Juni 2023 - 15:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Partai Buruh dan organisasi serikat buruh akan menggelar aksi unjuk rasa pada Senin (5/6/2023) di depan Kantor Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara. 

Menurut Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI Said Iqbal, aksi ini melibatkan ribuan buruh se-Jabodetabek. 

Aksi itu kata Said Iqbal akan melibatkan empat konfederasi besar, 60 federasi, serikat petani, dan berbagai elemen kelas pekerja yang lain.

“Aksi ini dilakukan bertepatan dengan sidang kedua uji formil judicial review terhadap omnibus law UU Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023. Jadi isu utama yang akan kami usung adalah Cabut omnibus law UU Cipta Kerja,” ujar Said Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima oleh tim tvOnenews di Jakarta pada Sabtu (3/6/2023). 

Selain menyuarakan untuk pencabutan UU Cipta Kerja, dalam aksi pada aksi senin mendatang itu, para buruh juga akan menyuarakan tolak RUU Kesehatan.

“Terkait dengan penolakan terhadap RUU Kesehatan, beleid ini berpotensi menyebabkan komersialisasi terhadap pelayanan kesehatan. Di mana RUU ini mengatur mengenai urun biaya. Jadi ada beberapa penyakit yang biayanya tidak sepenuhnya ditanggung BPJS Kesehatan, yang tentunya akan memberatkan pasien. RUU Kesehatan hanya melindungi rumah sakit dan membuka ruang komersialisasi medis,” ujar Said Iqbal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral