Suasana saat Jemaah Calon Haji 2023 Melaksanakan Ibadah di Tanah Suci.
Sumber :
  • tim tvOnenews/Budi Zulkifli

Jelang Puncak Haji, Kemenkes Imbau Jamaah Waspada Heat Stroke

Senin, 26 Juni 2023 - 10:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau peserta ibadah haji Indonesia untuk mewaspadai ancaman heat stroke saat prosesi puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), mengingat cuaca yang panas di Tanah Suci.

"Jamaah haji perlu mewaspadai heat stroke terutama saat wukuf di Arafah dan di Mina untuk lontar jamrah selama tiga hari," ujar Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah Tri Atmaja dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (26/6/2023).

Heat stroke adalah kondisi tubuh tidak dapat mengontrol suhu tubuh. Kondisi ini terjadi karena paparan panas dengan suhu tinggi secara langsung sehingga menyebabkan kenaikan suhu inti tubuh hingga lebih dari 40 derajat Celsius.

Tri mengatakan puncak ibadah haji ditandai dengan prosesi Armuzna yang dilaksanakan pada 27 Juni hingga 1 Juli 2023. Cuaca pada saat itu diperkirakan bisa mencapai 44 derajat Celsius pada siang hari.

"Kondisi ini jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan kerusakan organ seperti otak, jantung, dan ginjal," katanya.

Menurutnya, kondisi heat stroke perlu diwaspadai para peserta haji terutama lansia saat berada di Armuzna.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
01:09
02:07
03:49
01:14
08:35
Viral