Panji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren Al-Zaytun.
Sumber :
  • Tim tvOne/Cepi Kurnia

Soal Ritual Haji 'Nyleneh' Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang Angkat Suara, Begini Katanya

Minggu, 2 Juli 2023 - 08:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun akan mendadak ramai oleh para jamaah, tiap tanggal satu Muharram dalam kalender Hijriyah. Ribuan orang akan berdatangan ke ponpes yang dipimpin Panji Gumilang, yang terletak di Indramayu, Jawa Barat.

Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan menyebut, jika pada 1 Muharam menjadi hari istimewa dan sekaligus hari berhaji bagi para santri ponpes Al-Zaytun dan jamaah Panji Gumilang.

Kepada tvOnenews.com Ken mengatakan, para jemaah berkeliling bangunan Ponpes Al Zaytun layaknya jemaah haji berkeliling Kabah di Mekah. Bedanya, kata Ken, jemaah Al Zaytun tawaf menggunakan mobil mengelilingi Ponpes Al-Zaytun.

Seolah tak terima dengan apa yang diungkapkan Pendiri NII Crisis Center, Ken Setiawan, orang nomer satu di Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang,  akhirnya angkat suara. Menurutnya, apa yang diungkapkan Ken Setiawan, tentulan tidak benar.

      Solat berjarak di Masjid Ponpes Al-Zaytun, Pimpinan Panji Gumilang

“Itulah dalam rangka menyudutkan orang. Lah kalau itu dipercayai, kacau dunia. Sangat tidak benar,” ujar Panji Gumilang seperti dilihat dalam TikTok Heri Patoeng Jumat, 30 Juni 2023.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral