Aryanto Misel, penemu Nikuba yang dilirik perusahaan otomotif Italia, Ferari, Lamborgini dan Ducati.
Sumber :
  • Instagram @aryantomisel

BRIN 'Remehkan' Nikuba, Ferari, Ducati dan Lamborghini Justru Beri Perhatian dan Ajak Kerja Sama

Selasa, 4 Juli 2023 - 20:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Aryanto Misel (67) warga Lemahabang Wetan, Cirebon, Jawa Barat kini tengah menjadi sorotan atas penemuan Nikuba yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan. Bahkan, hasil temuanya dilirik otomotif dunia seperti Lamborghini, Ducati dan Ferari.

Adalah Nikuba atau akronim dari Niku Banyu. Jika diartikan secara harfiah niku dalam bahasa Cirebon menunjuk pada sesuatu, sedangkan banyu yaitu air. Jika diartikan secara harfiah Niku Banyu artinya 'Itu Air'.

Penemuan Nikuba oleh Aryanto Misel ini, mampu mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen yang terkandung di dalam air, yang kemudian dieloktrolisasi menjadi hidrogen dan menjadi bahan bakar.

Bersama Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Aryanto Misel (67) melalui inovasinya, menjadikan Nikuba dapat mengubah air menjadi energi mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) di kendaraan. 

                    Nikuba temuan Aryanto Misel, warga Cirebon, Jawa Barat

“Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor,” ujar Aryanto Misel di Lemahabang, Kab. Cirebon seperti dilansir rilis dari Dispenad, Selasa (4/7/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral