Melalui MTQ, Kemenag Harapkan Bisa Pacu Akselerasi Pembangunan SDM.
Sumber :
  • Istimewa

Melalui MTQ, Kemenag Harapkan Bisa Pacu Akselerasi Pembangunan SDM

Kamis, 27 Juli 2023 - 02:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, Kamaruddin Amin, melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bisa tingkat daerah mampu menjadi daya dorong untuk memacu akselerasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya bidang Keagamaan.

"Diharapkan MTQ ini bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama, berbangsa, serta bernegara, karena tidak hanya membaca Al-Quran saja tetapi ada tafsir, kaligrafi, dan sebagainya yang dapat memacu akselerasi SDM kita," ucap Kamaruddin usai menghadiri pembukaan MTQ ke-XX tingkat Provinsi Banten di Tangerang, Rabu (27/7/2023).

Ia mengatakan MTQ jangan hanya dimaknai sebatas mengejar juara, namun bagaimana caranya dapat menumbuhkan rasa kecintaan mempelajari serta memahami Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat islam. 

Selain itu, lanjutnya, MTQ dapat menjadi tolak ukur pembinaan seni baca dan tulis Al-Quran.

"MTQ ini juga bisa meningkatkan kecintaan umat kepada Al-Quran sehingga bisa membentuk karakter yang Qurani," ujarnya.

Apabila MTQ hanya dipahami dan dimaknai dari sisi kegiatan syiar, menurutnya, itu hal yang keliru. Lebih Jauh dari itu MTQ bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil pembelajaran Al-Quran di masyarakat.

"Saya merasa bangga melihat antusiasme masyarakat Banten menyambut MTQ ini. Begitu juga pemerintahannya sangat mendukung penuh. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kecintaan umat kepada Al-Quran," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:35
02:49
05:29
03:51
01:54
05:56
Viral