Proyek Kereta Cepat Tuai Kritik, Rocky Gerung Bocorkan Kebobrokannya: Terlalu Fokus 'Pamer' Karya.
Sumber :
  • Istimewa

Proyek Kereta Cepat Tuai Kritik, Rocky Gerung Bocorkan Kebobrokannya: Terlalu Fokus 'Pamer' Karya

Rabu, 16 Agustus 2023 - 08:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung tuai kiritikan dari beberapa kalangan politikus dan akademisi. Satu di antaranya, Rocky Gerung yang mengkritik keras soal pembangunan Kereta Cepat hingga membocorkan kebobrokan proyek tersebut. 

Rocky Gerung menyebutkan, perencanaan pembangunan Kereta Cepat dari awal sudah berantakan. Ia juga sebutkan, pembangunan ini terlalu mengeluarkan banyak biaya hingga mengakibatkan inefisiensi.

“Memang perencanaan pembangunannya awut-awutan ya, sebetulnya bisa dihemat dari awal. Bahkan, ini proyek untuk buru-buru pamer prestasi,” tutur Rocky Gerung seperti yang dikutip kanal YouTube pribadinya, Senin (14/8/2023)

"Tetapi pada nyatanya anggaran negara tidak mampu menyokong pembangunan kereta cepat ini. Karena, APBN adalah batas dari ambisi terselesaikannya sebuah proyek di Indonesia," sambungnya. 

Bahkan dia juga katakan, pembangunan Kereta Cepat ini diduga menggunakan anggaran pendidikan, pertahanan dan lain-lain. Jadi ia sebutkan secara tak sadar semuanya digerogoti, hal ini tak lain karena terpakai untuk mensubsidi tarif maupun penyertaan modal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

"Terlalu fokus dengan memamerkan sebuah karya, hingga lupa, bahwa pemerintah juga masih harus membayar hutang perusahaan hingga ratusan juta akibat proyek ini," pungkas Rocky Gerung.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral