Detik-detik Puan Maharani Berikan Petuah di Rapat Tahunan MPR 2023.
Sumber :
  • Istimewa

Detik-detik Puan Maharani Berikan Petuah di Rapat Tahunan MPR 2023

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tak hanya memaparkan dua agenda di Rapat Tahunan MPR 2023. Ketua DPR RI, Puan Maharani juga berikan petuah di sela-sela pidatonya. Hal itu dia katakan saat menjelaskan ciri masyarakat yang sejahtera. 

Di mana Puan Maharani sampaikan, bahwa bagi bangsa Indonesia hanya Pancasila yang dapat menyatukan bangsa inim yang menjadi landasan ideologi bangsa dan bernegara.

"Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia di dalam perjuanagan dan usaha bersama mencapai cita-cita kemerdekaan," kata Puan Maharani.

"Negara Indonesia yang berdaulat dan besatu, adil dan makmur itu tidak dapat terlaksana hanya dengan tuntutan saja atau dengan kata-kata saja, atau dengan kemarahan-kemarahan saja. Masyarakat yang sejahtera itu, haruslah kita bina, harus kita susun, harus kita bangun, harus kita adakan dan harus kita jelmakan," pungkasnya. 

Bahkan, dia sebutkan harus diwujudkan dengan berkerjasama dan bergotong royong untuk mengambil peran dan bertanggung jawab untuk membangun negara. 

"Apapun pekerjaan, profesi, jabatan, laki-laki atau perempuan, orang tua dan kaum muda. Apapun kedudukannya di masyrakat, maka kita lakukan untuk membangun cara pikir, cara kerja, atau hidup yang membawa kemajuan," pungkasnya. 

"Sepi ing pamrih rame ing gawe, ikhlas mengabdi demi terwujudnya cita-cita bersama. Saat kita menanam, padi, rumput pun ikut tumbuh. Tetapi saat kita menanam rumput, tidak akan pernah tumbuhnya padi. Inilah gambaran, jika kita menanam kebaikan, kadang kala ada hal buruk yang ikut serta. Namun jika kita lakukan keburukan, maka tidak adan kebaikan yang mengikutinya," petua Puan Maharani. (aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral