Perwakilan Google For Education saat berkunjung di SMPN Satap 1 Sawerigadi Kabupaten Muna Barat, Sabtu (9/9/2023)..
Sumber :
  • erdika mukdir

Hebat, Sekolah Satu Atap Di Muna Barat Masuk Kandidat Sekolah Rujukan Google

Sabtu, 9 September 2023 - 12:26 WIB

Muna Barat, tvOnenews.com - Salah satu sekolah di Kabupaten Muna Barat lolos menjadi kandidat sekolah rujukan Google (Google Reference School). Sekolah tersebut adalah SMPN 1 Satap Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

"Ini sekolah atap, tapi sudah sangat luar biasa bagi kami, Karna terpantau telah memanfaatkan aplikasi Google dalam pembelajaran baik guru maupun siswa. SMPN Satap 1 Sawerigadi ini masuk kandidat sekolah rujukan Google," ungkap M Edward Ranggong yang mewakili Google For Education untuk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara saat berkunjung di SMPN Satap 1 Sawerigadi Kabupaten Muna Barat . Sabtu (9/9/2023).

Di Indonesia, lanjut Edward, baru enam sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah rujukan Google. Semua adalah sekolah swasta yang ada di Indonesia. Jika SMPN Satap 1 Sawerigadi ini ditetapkan sebagai sekolah rujukan Google, maka satu-satunya sekolah negeri di Indonesia.

"Untuk menjadi sekolah rujukan Google, salah satu syaratnya 1 siswa 1 chromebook, telah mengikuti pelatihan dari Google Certified Trainer (GCT), serta minimal 30 persen gurunya tersertifikasi google educator Level 1," ujarnya.

Untuk memenuhi syarat agar SMPN Satap 1 Sawerigadi menjadi sekolah rujukan Google, maka pihaknya akan mengusulkan tambahan 30 chromebook di sekolah yang beralamat di Desa Lawada Jaya itu.

"Saat ini, semua guru di SMPN Sata 1 Sawerigadi telah dilatih Oleh Google Certified Trainer, Yazid Husain, yang merupakan Guru di SMPN Satap 1 Sawerigadi, dan dari 12 guru di sekolah itu sebanyak 7 orang telah memiliki sertifikat google educator level 1. Artinya, telah melebihi syarat 30 persen," jelasnya.

Dalam memperoleh sertifikat tersebut, guru-guru menjalani beberapa kali ujian yang soalnya disiapkan oleh pihak Google For Education

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
06:56
11:04
11:40
06:22
01:41
Viral