Buruh Berkumpul di Patung Kuda Tuntut UU Cipta Kerja Dibatalkan dan Kenaikan UMP.
Sumber :
  • Yasin Idris

Demo Buruh di Jakarta, Polisi Tutup Jalan Patung Kuda dan Harmoni

Kamis, 25 November 2021 - 11:51 WIB

Jakarta - Ribuan buruh dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di Ibu Kota, Kamis (25/11/2021). Para pendemo merupakan gabungan dari berbagai organisasi yang menuntut Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dibatalkan serta mendesak kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) terbaru. Selama demo berlangsung, Polda Metro Jaya menutup jalan di sekitar Patung Kuda dan Harmoni.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan sebanyak 5 ribu personel gabungan TNI-Polri berjaga di dua titik demo buruh, yakni kawasan Patung Kuda dan sekitar Gedung DPR RI yang menjadi pusat berkumpulnya massa. 

Dia menambahkan, lalu lintas di sekitar lokasi unjuk rasa juga ditutup secara situasional.

Sambodo memperkirakan akan terjadi kemacetan sebagai imbas dari demo buruh tersebut. Karena itu dia mengimbau masyarakat untuk mencari jalur alternatif karena pengalihan arus lalu lintas kemungkinan dilaksanakan hingga sore nanti.

"Untuk masyarakat kami imbau hari ini dimohon untuk menghindari kawasan Jalan Sudirman, MH Thamrin, khususnya kawasan Patung Kuda dan Jalan Gatot Subroto di depan Gedung DPR/MPR," kata Sambodo di kawasan Patung Kuda, Kamis.

Informasi yang diterima tvOnenews.com, ada sekitar empat ribu buruh yang akan menyampaikan aspirasinya di Mahkamah Konstitusi (MK) dan Balai Kota Jakarta. Selain menolak pembatalan UU Ciptaker, massa juga akan meminta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 7-10 persen. (Yasin Idris/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral