Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri perhelatan hari kedua G20 Parliamentary Speaker's Summit (P20) Ke-9 di New Delhi, India, Sabtu (14/10/2023)..
Sumber :
  • Antara

Isu Palestina Tidak Disertakan Dalam Joint Statement P20, Puan Maharani Menyampaikan Keberatan

Minggu, 15 Oktober 2023 - 18:47 WIB

tvOnenews.com - Isu Palestina Tidak Disertakan Dalam Joint Statement P20 di News Delhi, India, Sabtu waktu setempat. Untuk itu, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan keberatan

Puan Maharani ikut menandatangani pernyataan keberatan bersama (joint reservation) bersama sejumlah pimpinan parlemen negara lain yakni Turki, China, Afrika Selatan, dan Rusia dengan harapan isu Palestina akan ikut dimasukkan pada joint statement Sidang P20 Ke-9.

"Reservasi ini dibuat bukan karena kami tidak menyetujui mengenai isu Ukraina, tapi karena tidak dimasukannya isu lain di dunia seperti persoalan Palestina sehingga seakan menjadi tidak seimbang," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Puan mengatakan dampak perang di Ukraina yang tengah berkonflik dengan Rusia ikut disinggung dalam salah satu poin joint statement Sidang P20 Ke-9, namun isu kemerdekaan Palestina tidak diikutsertakan.

Padahal, lanjut dia, eskalasi perang Plestina-Israel saat ini tengah meninggi. Hingga kini diperkirakan lebih dari 2.000 orang yang tewas dari kedua belah pihak akibat kondisi perang terakhir.

“Kami berharap keberatan yang disampaikan Indonesia, Turki, China, Afrika Selatan dan Rusia dapat dipertimbangkan oleh forum P20 sehingga isu mengenai perdamaian di Palestina juga mendapatkan perhatian,” kata Puan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:27
01:09
02:00
01:14
02:34
06:16
Viral