Waduh! Menkominfo dengan Lantang sebut 'AI' Jadi Modus Baru Penyebaran Hoaks di Pemilu 2024.
Sumber :
  • tim tvOne - Abdul Gani

Waduh! Menkominfo dengan Lantang sebut 'AI' Jadi Modus Baru Penyebaran Hoaks di Pemilu 2024

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Waduh, artificial intelligence (AI) jadi modus baru untuk penyebaran hoaks di Pemilu 2024. Hal ini dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi dengan lantang. 

"Ya namanya aja teknologi baru, ntar diadu domba. Sekarang ada konten mukanya kamu, suaranya kamu, padahal bukan kamu. Tapi orang yang diomongin enggak tau, terus marah, ya nanti orang-orang pada saling marah," kata Budi Arie di Jakarta. 

Menurut dia, pemilu 2019 belum ditemukan teknologi secanggih sekarang yang dapat mengedit foto bisa bergerak-gerak seperti lagi berbicara.

"Ya belum canggih (2019), kalau sekarang kan canggih banget, muka sama suara sama dipikir beneran orang berantem dong," ujarnya.

Sementara Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pengerapan (SAP) mencontohkan video Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diedit menggunakan AI berpidato pakai Bahasa Mandarin.

"Kalau kita lihat dari video yang kemarin itu dan kita coba memahami bahasa pakai penerjemah, isinya sama. Cuma itu mendisinformasikan. Karena kejadiannya seolah-olah diberitakan ini kejadiannya di China saat pertemuan Pak Jokowi ke China kemarin, padahal itu kejadian tahun 2015," ungkapnya.

Oleh karenanya, ia mengatakan pemerintah mengingatkan masyarakat bahwa saat ini sudah mulai penggunaan AI dalam menciptakan disinformasi maupun hoaks karena perkembangan teknologi semakin canggih.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral