Hasil survei ARCI.
Sumber :
  • syamsul huda

Survei ARCI: Prabowo-Gibran Unggul di Jatim Dibanding Dua Paslon Lain, Ini Faktornya

Rabu, 1 November 2023 - 19:11 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan capres-cawapres yang paling banyak dipilih masyarakat Jawa Timur.

"Hasil survei ARCI, elektabilktas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur, mengungguli pasangan Ganjar-Mahfud dan Anis-Muhaimin," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (1/11).

Menurut survei ARCI, ektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1 persen. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9 persen. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2 persen.

Direktur ARCI Baihaki menambahkan, bergabungnya Gibran menjadi faktor penting Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo, dengan dipilihnya Gibran sebagai cawapres Prabowo," jelasnya.

Baihaki Sirajt juga menyebut faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," kata Baihaki.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral