Peluncuran Desa Panggungharjo sebagai percontohan desa anti korupsi, Rabu (1/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Keren, Desa Panggungharjo Bantul Yogyakarta Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

Kamis, 2 Desember 2021 - 11:19 WIB

Bantul, DIY - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Peluncuran Desa Anti Korupsi di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Rabu (1/12/ 2021). Peluncuran ini merupakan rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Dunia tahun 2021

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengungkapkan, pemberantasan korupsi tetap menjadi perhatian kita semua. Desa anti korupsi tidak semata menyangkut aparat desa saja tetapi juga masyarakatnya. Nilai-nilai anti korupsi juga bisa meliputi disiplin, kerja keras, dan tanggungjawab dari masyarakatnya.

“Pada kesempatan ini saya merasa senang ada salah satu desa yang menjadi desa percontohan desa anti korupsi. Harapannya nanti ini menjadi virus dan bisa menyebar ke desa-desa yang lain dan ke kabupaten yang lain juga," ungkap Marwata Wakil Ketua KPK.

Marwanta mengaku merasa sangat sedih ketika ada kepala desa yang diproses aparat penegak hukum karena ketidaktahuan yang menyangkut penyelewengan dana desa. 

" Kami berharap peluncuran program desa anti korupsi ini dapat menjadi awal pencegahan korupsi dari lingkup terkecil hingga bisa mewujudkan indonesia yang bebas dari korupsi.” imbuh Marwata.

Terpilihnya Kalurahan Panggungharjo sebagai desa percontohan sudah melalui berbagai usulan dari daerah yang kemudian dibahas oleh empat kenterian, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Desa, Kementerian PAN-RB, dan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI).

Pada akhir acara dilakukan prosesi launcing desa anti korupsi secara simbolis dengan mengarahkan laser ke layar LED guna mengesahkan launcing Kalurahan Panggungharjo sebagai Desa Anti Korupsi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral