Mensos Risma saat Mendapat Kritik karena Memaksa Anak Penyandang Tunarungu Berbicara.
Sumber :
  • YouTube Kemensos RI

Mensos Risma Tuai Kritik Setelah Paksa Tunarungu Bicara, Putra Ray Sahetapy: Tidak Semua Anak Bisa Berbicara

Jumat, 3 Desember 2021 - 09:26 WIB

Jakarta - Panji Surya Putra Sahetapy yang merupakan putra dari Ray Sahetapy dan Dewi Yull, angkat bicara mengenai viralnya video Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang memaksa seorang anak penyandang disabilitas tunarungu di Hari Disabilitas Internasional. Surya yang merupakan aktivis Tuli, juru bahasa isyarat yang menyelesaikan pendidikannya di Institus Teknologi Rochester, New York, Amerika Serikat itu mengkritik Risma dan menyatakan bahwa tidak semua anak bisa berbicara.

Surya Sahetapy menyampaikan kritiknya terhadap peristiwa Risma memaksa anak tunarungu bicara itu di akun Instagram @suryasahetapy.

"Tidak semua anak bisa berbicara," tulis Surya. 

Dia kemudian memaparkan sejumlah faktor yang perlu dipenuhi agar penyandang disabilitas tunarungu bisa berbicara.

"Faktor bicara itu berdasarkan tingkat pendengaran mereka, investasi alat bantu dengar yang nilai puluhan-ratusan juta, terapi wicara yang berkesinambungan yang biayanya tidak murah serta waktu orangtua untuk anaknya sendiri juga terutama sedang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," tambahnya.

Ada faktor lain yang menurut Surya tak mendukung bagi seorang anak tunarungu berbicara, yakni sistem pendidikan di tanah air. 

"Belum lagi pendidikan luar biasa saat ini belum humanis. Ya ampun," kata dia gemas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral