Warga membersihkan lingkungan mereka guna mencegah penyebaran chikungunya dan DBD.
Sumber :
  • tvone - agus wibowo

Awas! Ratusan Orang di Pacitan Terserang DBD dan Chikungunya

Sabtu, 4 Desember 2021 - 11:54 WIB

Pacitan,Jawa Timur - Penyakit Chikungunya dan Demam Berdarah Dengue (DBD) telah merebak di Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Cikungunya telah menjangkiti ratusan orang di dua desa, yakni Desa Sirnoboyo dan Desa Arjowinangun. Dari keterangan sejumlah warga, setidaknya ditemukan ratusan kasus di 6 Rukun Tetangga (RT) yang berada di Dusun Kauman, Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan.

 Suharti (37), salah seorang warga yang menderita Cikungunya menjelaskan, penyakit itu sangat luar biasa menyiksa. Dirinya mengalami demam tinggi dan seluruh tubuh lemas tidak bisa digerakkan.

“Awalnya, deman sampai muntah - muntah, badan sakit semua. Setelah itu, persendian membengkak, terutama kaki. Parahnya lagi, sebagian tubuh tak bisa digerakkan seperti orang mengalami kelumpuhan,” ungkapnya.

Disampaikan bahwa sejumlah warga RT 06 RW 02 Dusun Kauman Desa Arjowinangun, sejak merebaknya  kasus Chikungunya dan DBD di wilayah mereka, belum ada penanganan yang berarti dari pemerintah. Padahal, di wilayah RT 06 sendiri sudah lebih dari 35 orang yang terjangkit. 

Setelah merebaknya  kasus cikungunya di wilayah tersebut, dilakukan tindakan penanganan mandiri oleh warga, yaitu pembersihan selokan dan sarang nyamuk di sekitar rumah masing - masing warga. 

Penyebaran cikungungnya dan DBD sudah merambah ke desa atau kelurahan lain di Kecamatan Pacitan, seperti Kelurahan Sidoharjo dan Kelurahan Pacitan.  Diharapkan penanganan secara lebih serius dilakukan guna menekan angka penyebaran syang emakin tinggi. (Agus/Ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral