Pipa Jaringan Air Bersih yang Rusak Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Merapi.
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Bupati Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir Lahar Hujan Gunung Merapi

Sabtu, 4 Desember 2021 - 15:18 WIB

Sleman, DIY - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat bencana lahar hujan Gunung Merapi. Keputusan tersebut diambil guna menindaklanjuti kejadian lahar hujan yang menerjang pada Rabu (01/12/2021) lalu.

Kejadian alam tersebut, mengakibatkan beberapa sungai yang berhulu di Gunung Merapi terjadi banjir lahar hujan. Selain itu juga, berdampak pada kerusakan pipa jaringan air bersih untuk warga di empat kelurahan.

"Kita tetapkan status tanggap darurat bencana lahar hujan Gunung Merapi sebagai upaya cepat untuk langkah penanganan," kata Kustini saat dikonfirmasi, Sabtu (04/12/2021).

Dijelaskan Kustini, status tanggap darurat tersebut dituangkan dalam Keputusan Bupati Sleman nomor 72/Kep.KDH/A/2021 tentang tanggap darurat bencana lahar hujan Gunung Merapi. Status tanggap darurat tersebut berlaku selama empat belas hari sejak tanggal 2 Desember hingga 15 Desember 2021.

Kebijakan itu diambil setelah melalui rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait penanganan jaringan air bersih warga yang terputus akibat banjir lahar hujan. Dengan adanya keputusan tersebut, diharapkan dapat mempercepat penanganan bencana di Bumi Sembada.

Nantinya, perbaikan jaringan air bersih yang rusak bakal menggunakan pos anggaran Belanja Tak Terduga (BTT). Pihaknya saat ini masih menghitung jumlah anggaran yang dibutuhkan.

"Mengenai jumlah kebutuhan yang digunakan, saat ini masih menghitung untuk kebutuhan riilnya," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral