Media sosial bermanfaat untuk memperluas jaringan pertemanan, berbisnis, maupun sarana menghibur diri..
Sumber :
  • Istimewa

Tips Cermat Bermedia Sosial: Hindari Mudharat, Manfaatkan Sesuai Kebutuhan

Kamis, 25 April 2024 - 13:56 WIB

tvOnenews.com - Media sosial bermanfaat untuk memperluas jaringan pertemanan, berbisnis, maupun sarana menghibur diri. Meski begitu, media sosial juga memiliki kemudharatan yang harus dihindari. Butuh kecermatan dalam bermain media sosial di era digital.

”Cermat bermedia sosial berarti menggunakan media sosial sesuai kebutuhan, menjaga tutur tata, privasi, dan menghormati pendapat orang lain,” tutur Heri Iswahyudi, saat menjadi narasumber dalam webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, di Kabupaten Pringsewu, Kamis (25/4).

Mengusung tema ”Cermat Bermain Media Sosial”, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu itu mengatakan, tempat interaksi tak berbatas itu memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. 

Namun, sambung Heri, sebelum menggunakan media sosial hendaknya kita bisa menentukan tujuan dalam menggunakan media sosial. Misalnya untuk bisnis, publikasi hasil karya, atau untuk menjalin pertemanan dan berinteraksi dengan banyak orang. ”Pilihlah media sosial yang sesuai dengan kebutuhanmu,” tegasnya dalam diskusi yang dipandu moderator Iin Mendah itu.

Heri Iswahyudi menambahkan, kecermatan dalam bermedia sosial juga harus menghormati hak dan menghargai pendapat orang lain. Perbedaan pendapat yang muncul hendaknya disikapi dengan cara yang halus dengan memberikan landasan argumentasi yang tepat dan benar.

”Jika kita menemukan pendapat yang tidak sesuai dengan pendapat kita, sebaiknya kita tetap menghormatinya. Meskipun pendapatnya salah, kita bisa mengingatkan dengan baik dan sopan,” jelas Heri Iswahyudi di depan para pendidik dan siswa sekolah menengah yang mengikuti diskusi online tersebut.

Ratusan siswa, guru, dan staf pendidikan di sejumlah sekolah menengah di Kabupaten Pringsewu mengikuti kegiatan ini dengan menggelar nonton bareng (nobar) di ruang kelas. Di antaranya, SMAS Plus Taruna Andalan, SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 5 Pangkalan Kerinci, SMPN 1 dan SMPN 2 UKUI, SMPN 2 Langgam, SMPN 3 dan SMPN 5 Pangkalan Kuras, SMP Evergreen, SMAN Barnas Binsus, dan SMPN Barnas. Webinarnya sendiri dibuka dengan keynote speech dari Pj. Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
Viral