Rumah Warga yang Rusak Akibat Banjir Bandang Luapan Sungai Cidurian, Kabupaten Bogor.
Sumber :
  • Eko Hadi

Khawatir Banjir Bandang Lagi, Warga Jasinga Bogor Minta Direlokasi

Selasa, 7 September 2021 - 11:12 WIB

Bogor, Jawa Barat – Banjir bandang yang melanda empat kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) menyisakan trauma bagi sebagian warga. Mereka khawatir bencana itu kembali terjadi sehingga beberapa penduduk minta direlokasi.

Senin (6/9) sore, Sungai Cidurian meluap, menyapu permukiman warga dan mengakibatkan sejumlah  kerusakan di empat kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Jasinga, Kecamatan Nanggung, Kecamatan Cigudeg, dan Kecamatan Sukajaya. Intensitas curah hujan yang tinggi di hulu sungai diduga menjadi pemicu banjir bandang tersebut.

Salah satu warga, Enok (40) menceritakan, di wilayah rumahnya hujan rintik, tetapi dia mendapat informasi di bagian hulu sudah meluap. Melihat kondisi tersebut, Enok bersama tiga anggota keluarganya mengungsi ke tempat lebih aman. Saat banjir melintas, campuran air, lumpur, dan berbagai material tersebut langsung menggerus rumahnya yang berada di bantaran sungai. Harta benda pun tidak ada yang terselamatkan.

“Kalo udah gini mah kayaknya pindah aja lah, takut,” ungkapnya saat ditemui Selasa (7/9).  

Banjir Sungai Cidurian ini terbilang sering terjadi, tetapi kali ini lebih dahsyat dibanding tahun lalu.

Bencana yang terjadi semalam ini membuat sejumlah rumah rusak sedang dan berat. Selain menghancurkan rumah penduduk, banjir bandang juga merusak jembatan.

Berdasarkan data sementara, sebanyak empat jembatan penghubung antarkampung dan antarkecamatan terputus. Di Kecamatan Cigudeg terdapat dua jembatan kampung putus. Sedangkan di Kecamatan Jasinga, satu jembatan dan dua unit rumah tergerus derasnya banjir Sungai Cidurian. Sementara di Desa Urug, jembatan penghubung antara Kecamatan Sukajaya dengan Kecamatan Nangggung terputus. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral