Koes Hendratmo Memiliki Senyum yang Khas.
Sumber :
  • www.pendopokoeshendratmo.com

Perjalanan Hidup Seorang Koes Hendratmo

Selasa, 7 September 2021 - 18:46 WIB

Jakarta - Lahir di Kediri, Jawa Timur pada tanggal 9 Februari 1943, Koes Hendratmo sudah menggeluti dunia tarik suara sejak umur 15 tahun. Hendratmo pernah bergabung dengan salah satu band lokal bernama 'Riang Ria' di Yogyakarta, Jawa Tengah. Hendratmo bersama bandnya sering mengikuti kompetisi band seperti kompetisi musik internasional Elvis Presley, Louis Armstrong, Andy Williams, Matt Monroe dan iko pop Indonesia Rahmat Kartolo dan Onny Suryono.

Pada tahun 1964, Hendratmo kemudian pindah dari Yogyakarta ke Jakarta. Hendratmo kemudian bergabung dengan band di Jakarta bernama 'Dharma Putra Kostrad' pada tahun 1967 dan menjadi vokalis utama. Pada tahun yang sama Hendratmo merilis rekaman pertamanya yang berjudul 'Lambaian Bunga' di bawah label Elshinta Records. Pada tahun 1968 rekaman keduanya dirilis Ramayana Records berjudul 'Wanita Wanita - Koes Hendratmo Pop Indonesia Vol.1'.

Lebih dari empat dekade bergelut di dunia musik, Hendratmo akhirnya ditawari pertunjukan dan peran film yang tak terhitung jumlahnya. Pada akhir 1970-an, bersama dengan mentor dan teman dekatnya Kris Biantoro, Hendratmo membintangi film berjudul "Magelang Kembali" sebagai seorang prajurit. Film tersebut menggambarkan perjuangan mempertahankan Magelang dari penjajah Belanda.

Meskipun telah membintangi banyak film, hasrat Hendratmo ternyata masih di bidang musik. Hendratmo memiliki bakat untuk meniru banyak suara penyanyi terkenal termasuk Engelbert Humeperdink, Tom Jones, Andy Williams, Johnny Mathis, Louis Armstrong, Elvis Presley dan Mario Lanza. Antara tahun 1970 - 1980, Hendratmo kemudian menggelar konser keliling Indonesia. Sejak saat itu, karirnya pun naik hingga ke taraf Internasional.

Koes Hendratmo juga terkenal sebagai pembawa acara profesional. Pada tahun 1986 Hendratmo dipanggil oleh Ratu Kuis senior Indonesia, Ani Sumadi untuk mengambil bagian sebagai pembawa acara salah satu acara kuis yang baru dibuatnya yang disebut Berpacu Dalam Melodi. Acara tersebut menjadi fenomena sekaligus menorehkan nama Koes Hendratmo sebagai salah satu MC terpopuler dan bergaji tinggi di Indonesia. Acara kuis yang menampilkan berbagai pertanyaan trivia mulai dari notasi musik hingga sinopsis lagu itu menguji wawasan peserta akan pengetahuan musiknya. Pesertanya beragam, mulai dari tokoh masyarakat, artis hingga profesional.

Berpacu Dalam Melodi akhirnya menjadi tontonan seluruh keluarga di Indonesia dan bertahan selama 18 tahun ketika ditayangkan di TVRI. Di waktu senggangnya, Hendratmo bahkan menjaga staminanya dengan bermain tenis dan golf. Kemudian pada tahun 2000, Hendratmo menandatangani kontrak baru dengan salah satu Stasiun TV Swasta Indonesia, di mana ia menjadi pembawa acara salah satu variety show paling populer, PESTA (Pentas Sejuta Aksi). 

Pada tahun 2002, kemudian salah satu stasiun TV swasta Indonesia membeli hak siar 'BERPACU DALAM MELODI' dan 'PELANGI KHATULISTIWA'. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral