Warga terdampak pembangunan tol Cibici.
Sumber :
  • IST

Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Cibici, Pospera Desak Pemerintah Ganti Untung Tanah Warga

Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:27 WIB

Jakarta - Ormas Pospera meminta kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto untuk segera menyelesaikan persoalan terhadap warga yang terdampak pembebasan lahan pembangunan jalan tol Cibici (Cibitung-Cilincing).

Keterangan tersebut disampaikan Ketua DPD Pospera Jakarta Sondang Hutagalung terkait permintaan ganti untung warga yang terdampak pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Menurut Sondang pembangunan nasional harus Tetap menjaga nilai kemanusiaan dan Keadilan magi seluruh Masyarakat

"Pemerintah harus mengakui dan mengganti hak atas tanah warga yang terkena dampak karena warga telah mendiami tempat tersebut lebih dari 20 tahun," kata Sondang dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Menurut Sondang, tidak adil jika BPN dan PUPR menggusur warga hanya diberikan kompensasi senilai bangunan saja sedangkan tanahnya tidak diberikan pergantian.

Sondang menilau BPN tidak boleh berdalil bahwa bahwa warga tidak berhak atas pergantian tanah karena tanah tersebut bukan milik warga.

"Karena dalam UUPA mengatur tanah yang dikuasai oleh seseorang lebih dari 20 tahun secara terus menerus maka bisa diberikan hak kepemilikannya kepada orang tersebut," kata dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
04:29
01:56
01:27
00:49
Viral