Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di SDN Ragunan 08 Pagi, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022)..
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar/tvOne

Anies Baswedan Resmikan Sekolah yang Usung Konsep Bangunan Rendah Emisi Karbon

Rabu, 28 September 2022 - 10:40 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan sekolah pertama di Indonesia yang mengusung konsep green building, net zero emission.

Diketahui, bangunan dengan emisi rendah adalah bangunan yang hemat beroperasi dan sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

Sehingga, emisi karbon yang dihasilkan sangat minim.

"Hari ini kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah. Hari ini kita resmikan tempat pertama sekolah negeri yang memiliki net zero emission, sekolah dengan konsep green building," kata Anies dalam sambutannya di SDN Ragunan 08 Pagi, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menilai bahwa kontribusi terbanyak menyumbang emisi karbon itu adalah bangunan, tidak hanya kendaraan bermotor.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Anies, bangunan itu menyedot energi sebesar 36 persen kontribusi kepada emisi karbon global 39 persen.

"Bila kita tidak mengoreksi bangunan-bangunan terutama di perkotaan maka kualitas udara di tempat ini akan selalu menghadapi masalah. Karena itu mengapa kita harus menuju pasar green building dan kita mulai dari sekolah," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral