penampakan pasca banjir bandang di Minahasa.
Sumber :
  • Tim tvOne

Belasan Rumah di Minahasa Tenggara Rusak Disapu Banjir Bandang

Rabu, 22 September 2021 - 09:17 WIB

Minahasa - Belasan rumah warga terdampak banjir bandang pada Senin (20/9) di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Rumah warga yang rusak berada di kecamatan Ratahan dan Kecamatan Ratahan Timur.

Sebanyak hampir delapan Puluh rumah warga di dua Kecamatan masing-masing kecamatan Ratahan dan Kecamatan Ratahan Timur rusak terdampak banjir bandang. Tak hanya itu, enam rumah warga yang berada tepatnya di desa Pangu dan desa Nataan Kecamatan Ratahan juga hanyut terbawah Banjir Bandang.

Tim SAR menyatakan satu warga juga dinyatakan hilang dan saat ini masih dalam proses pencarian oleh tim gabungan yang melibatkan Basarnas,TNI POLRI,BPBD dan dibantu warga setempat.

Bupati Minahasa Tenggara,James Sumendap mengatakan, banjir bandang yang melanda dua kecamatan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara itu disebabkan kondisi saluran air dibawah Jembatan yang ada di Desa Pangu terbilang kecil. Sehingga jika diguyur hujan deras mengakibatkan air sungai Abuang langsung meluap.

"Apalagi dengan maraknya penembangan liar yang ada di wilayah tersebut membuat material potongan batang kayu yang ikut terbawa banjir akan menghantam rumah warga," ungkap Bupati.

Saat ini warga yang kehilangan tempat tinggal mereka akibat banjir bandang, terpaksa harus mengungsi ke rumah warga lain. Mereka berharap selain bisa mendapatkan bantuan berupa makanan dan pakaian, warga juga meminta agar baik Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dapan memperhatikan nasib mereka yang kini kehilangan tempat tinggal. Ner/Rifandi Kamaru

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral