Petugas BPBD padamkan karhutla di Aceh Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

BPBD Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Aceh Barat

Jumat, 24 September 2021 - 11:55 WIB

Meulaboh - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Desa Ranto Panyang Timur, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. “Upaya pemadaman ini kami lakukan agar lokasi kebakaran tidak semakin meluas,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi BPBD Aceh Barat Mashuri, Kamis malam (23/9.

Menurutnya, peristiwa kebakaran lahan tersebut diketahui petugas setelah mendapatkan laporan dari masyarakat dan aparat desa, yang menginformasikan adanya kebakaran lahan di Desa Ranto Panyang Timur, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat. Ia menjelaskan, luas lahan yang terbakar tersebut belum mencapai satu hektare, sehingga petugas terus berupaya agar kobaran api tidak meluas ke lahan lainnya.

Upaya pemadaman api dilakukan petugas dengan mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran serta mesin poma air ke lokasi, dengan harapan api dapat dipadamkan. Petugas berupaya memadamkan api karena jarak antara lokasi kebakaran dengan kompleks perumahan warga berjarak sekitar 100 meter dengan lokasi kejadian. “Kalau untuk penyebab kebakaran lahan ini masih belum bisa dipastikan, masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” katanya.

Mashuri mengatakan, upaya pemadaman api di lokasi kebakaran akan dilanjutkan pada Jumat pagi, karena pada Kamis sore petugas telah berhasil memadamkan sebagian besar titik api di lokasi kebakaran, tuturnya. (ari/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral