Dekranasda NTT Kenalkan Produk Minuman dari Serbuk Daun Kelor.
Sumber :
  • Frits Floris

Perkenalkan, Minuman Daun Kelor yang Jadi Andalan Masyarakat NTT

Jumat, 24 September 2021 - 13:06 WIB

Kupang, NTT - Kelor atau bahasa latin Moringa oleifera merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Kelor  terkenal kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, sehingga  kini banyak yang mengolahnya menjadi beberapa produk makanan dan minuman.
 
Salah satu olahan berbahan dasar tanaman kelor yakni sebuah minuman kemasan yang diberi nama Haydrink yang dirilis Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT bersama dapur kelor Jumat (24/9).

Dekranasda NTT meluncurkan boots minuman dengan berbagai cita rasa ini di 19 titik di dalam wilayah Kota Kupang.

Selain memperkenalkan tanaman kelor, langkah ini juga sebagai upaya membuka lapangan pekerjaan bagi kaum minelial atau kaum muda agar bisa berwirausaha untuk menambah penghasilan.

Membuat minuman berbahan dasar daun kelor tidaklah sulit. Daun kelor yang dipilih yang kualitasnya terbaik. Kemudian dikeringkan dengan mesin lalu diolah menjadi serbuk kelor yang ditambah berbagai rasa.

Serbuk daun kelor yang telah dikemas dalam bungkus-bungkus kecil kemudian dicampurkan air dan es batu hingga menjadi sebuah minuman ringan.

Wakil Ketua Dekranasda NTT  Maria Fransiska Nai Soi mengatakan, berdasarkan penelitian kelor atau Moringa oliefera dari NTT terbaik kedua di dunia,  setelah Kelor dari Kepulauan Canary di Spanyol.

Kelor yang merupakan makanan super atau super food memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat bagus untuk tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap radikal bebas dan penyakit.  (Frits Floris/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral