Sejumlah anak di Sumedang belajar online di Atap Rumah.
Sumber :
  • Tim tvOne

Potret Pelajar di Dusun Cibubut Berburu Sinyal di Atap untuk Sekolah Online

Senin, 11 Oktober 2021 - 08:36 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Setiap harinya, sejumlah pelajar di Dusun Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, berada di atap rumah warga terutama pada bagian MCK.

Bukan tanpa sebab, para pelajar ini sedang belajar secara daring lantaran di daerahnya masih kesulitan sinyal. Ketinggian sekitar 3 meter, tidak membuat anak-anak patah semangat untuk mendapat atau mengunduh materi pelajaran secara daring. 

Salah seorang pelajar, Nasya Kinanti, mengaku tidak takut berada di atap untuk belajar. Ia bersama teman-temannya hampir setiap hari mencari sinyal di atap salah satu rumah warga ini.

"Lagi belajar, karena dibawah ga ada sinyal. engga takut, setiap hari juga belajar diatas sini," Ucapnya kepada tvOnenews (11/10). 

Dusun Cibubut sendiri, tergolong wilayah pelosok di Kabupaten Sumedang. Lokasi yang berada di pegunungan, membuat wilayah ini masih terkendala sinyal internet.

Menurut Kepala Dusun Cibubut, Jaja Miharja, hampir setiap pagi dan sorenya para pelajar menaiki atap rumah salah satu warga untuk mencari sinyal dan belajar secara daring.

"Hampir setiap hari bahkan setiap sore di atap sini. rata-rata yang sekolah daring di atas sini nyari sinyal karena dirumah masing-masing kan susah," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral