Freeport Bangun Smelter Terbesar di Dunia untuk Dorong Hilirisasi Tembaga di Indonesia..
Sumber :
  • Humas MIND ID

Freeport Bangun Smelter Terbesar di Dunia untuk Dorong Hilirisasi Tembaga di Indonesia

Jumat, 3 Februari 2023 - 09:18 WIB

Jakarta – Indonesia memiliki PR serius untuk mampu menjawab agenda besar Program Indonesia Maju di Pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu Hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam. Tantangan ini tak lepas dari kebutuhan investasi yang cukup besar pada sektro Mineral dan Batu bara yang masuk dalam 8 sektor Prioritas kebutuhan investasi di Indonesia.

Menteri Investasi RI, Bahlil Lahadia dalam presentasinya pada acara Mandiri Investment Forum 2023 (1/02) mengatakan, “Mineral dan Batubara menjadi 2 sektor utama dalam mewujudkan Transformasi Ekonomi dari Industri Sektor Primer ke Industri Berbasis Nilai Tambah (Hilirisasi). Kebutuhan investasi hingga 2040 nilainya mencapai USD 431,8 Miliar pada 2 sektor ini.”

MIND ID sebagai Holding Industri Pertambangan di Indonesia mengambil peranan penting pada bagian Hulu dalam rantai bisnis pengelolaan komoditi, baik dari sisi penambangan hingga pengolahan atau pemurnian suatu komoditas.

PT Freeport Indonesia (PTFI) yang merupakan anggota dari MIND ID menjawab tantangan Hilirisasi komoditas tembaga dengan membangun smelter Manyar yang terdapat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Proyek yang kini telah mencapai progres 51,7 % ini telah sesuai dengan kurva-S yang telah disetujui Pemerintah dan akan rampung tepat waktu pada Desember 2023.

Hal ini disampaikan dengan optimis oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga setelah menyaksikan secara langsung kemajuan konstruksi smelter Manyar pada Kamis (2/02). 

Dalam paparannya, Airlangga menilai PTFI mampu memastikan keberlangsungan proyek hingga selesai. 

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras PTFI dalam mengejar target konstruksi smelter Manyar yang kini telah mencapai 51,7 persen sesuai kurva-S yang disetujui pemerintah. Progres ini merupakan capaian luar biasa yang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain, terlebih mengingat proyek smelter Manyar memiliki komposisi tenaga kerja Indonesia hingga 98 persen,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
09:59
01:57
01:51
06:00
02:57
Viral