Soal Indeks Kebahagian Publik Terhadap Airlangga Hartanto, Pembina Relawan Muda Angkat Bicara.
Sumber :
  • tim tvone/Julio Trisaputra

Soal Indeks Kebahagian Publik Terhadap Airlangga Hartanto, Pembina Relawan Muda Angkat Bicara

Sabtu, 4 Februari 2023 - 23:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dalam Frontdesk Discussion yang dilaksanakan oleh RMOL.ID bertajuk “Beringin Menyambut Kemenangan”. Pembina Relawan Muda Airlangga Hartarto, Khalid Zabidi angkat bicara soal Indeks Kebahagiaan yang kelak menjadi tujuan Politik Airlangga Hartarto pada perhelatan politik 2024 mendatang.

Menurutnya, tugas dari Airlangga Hartarto adalah membuat rakyat sejahtera dan menciptakan keadilan, dan bagaimana caranya agar negara dapat mendefinisikan peradilan. 

”Kita mengenal beberapa keadilan. Tidak sekedar orang korup ditangkap. tapi yang sifatnya distributif karena itu hak semua orang. Yang mana adil itu ketika kita boleh pake jembatan, boleh pake listrik secara merata, kalo perlu sama semua bayarnya,” ungkapnya.

Selain itu, Khalid pun menambahkan bahwa ia memiliki pandangan terkait pemenuhan Indeks kebahagiaan dengan mengacu pada kearifan lokal, dan melihat beberapa tradisi di Indonesia.

”Contohnya seperti Abdi Dalem Jogja, kita lihat terdapat rasa tenang rasa bahagia tercurah. Atau di Sumatera Barat, bagaimana pemerintah mudah untuk mengelola lumbung padinya. Di situ masing-masing tingkat kebahagiaan terbentuk,” ujarnya.


Menurut Khalid hal itulah yang kelak akan dicapai bahwa demokrasi pun dapat menjadi tolak ukur dalam menentukan Indeks Kebahagiaan. Banyak dimensi yang dapat mengukur keadilan bersama. Ia mencontohkan prinsip Common Goods yang dikemukakan oleh Aristoteles.

”ini yang harus dipahami bahwa keadilan dimensinya banyak, bagaimana menciptakan keadilan bersama.  Misalkan impor beras, sering dikritik sebagai bentuk ketidakmandirian, sebagai dalam konteks tertentu impor beras mem-buffering harga, atau dengan cara mengimpor garam industri, itu pemahaman kebaikan bersama,” Jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral