Polisi Perlihatkan Barang Bukti Kasus Penipuan yang Mencatut Nama Kemensos.
Sumber :
  • PMJ News

Hati-Hati, Pria Ini Catut Kemensos untuk Tipu Warga dengan Iming-Iming Bansos

Selasa, 20 Juli 2021 - 11:12 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya meringkus seorang tersangka pria berinisial RR (23) karena melakukan penipuan berkedok bantuan sosial (bansos) PPKM Darurat dan mencatut nama Kementerian Sosial (Kemensos). 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan modus yang digunakan pelaku, yakni mengirimkan pesan berantai untuk menyebarkan link situs berlogo Kemensos bernama subsidippkm.online.

“Di website itu, tiap orang yang masuk akan menjawab pertanyaan dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos Rp300 ribu. Padahal Kementerian Sosial tidak pernah memiliki website tersebut," ujar Yusri kepada wartawan, Senin (19/7).

Pelaku kemudian meraup keuntungan melalui iklan yang dipasang di website tersebut.

"Di dalam website itu, tersangka memasang iklan minimal dua dan dapat Rp200 juta per satu iklan. Pengakuannya sudah mulai sejak November 2020 lalu, dia raup keuntungan hingga Rp1,5 miliar," imbuh Yusri.

Kabid Humas mengungkapkan bahwa tersangka memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 dalam melancarkan tipu-tipunya.

"Karena pandemi Covid-19, dia tahu masyarakat akan mendapatkan bansos sehingga banyak masyarakat yang tergiur. Ini semua masih kita dalami, termasuk memeriksa rekeningnya," katanya lagi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral