Regu penyelamat mengevakuasi bayi dari reruntuhan gedung di Ercis, dekat Van, Turki, Selasa (25/10)..
Sumber :
  • (FOTO ANTARA/REUTERS/Stringer/o)

Lahir Saat Gempa Turki, Presiden Erdogan Temui Bayi dan Berikan Nama Ini

Selasa, 14 Februari 2023 - 11:22 WIB

Washington, tvOnenews.com - Ayse Betul nama yang disematkan Presiden Erdogan pada bayi yang dilahirkan seorang ibu korban gempa bumi Turki yang dirawat di sebuah rumah sakit di Istanbul.

Pertemuan Presiden Erdogan dan sang bayi saat dirinya mengunjungi para penyintas gempa Turki di Basaksehir Cam dan Sakura City Hospital, Senin (13/2/2023). Tak hanya menyematkan nama,  Erdogan pun turut melafalkan adzan di telinga bayi perempuan itu.

Ribuan korban gempa bumi yang terjadi di Turki selatan pekan lalu, termasuk ibu dan bayi Ayase Betul, saat ini menerima perawatan di banyak kota, termasuk Istanbul dan Ibu Kota Ankara. Bahkan, Presiden Erdogan terus mengupayakan perawatan yang terbaik bagi korban terdampak gempa Turki.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat kritik keras dalam penganan korban gempa bumi magnitudo 7,8 yang menghancurkan ribuan bangunan dan menewaskan lebih dari 12 ribu orang.

Penduduk Turki mengkritik Erdogan yang lambat dalam melakukan penyelamatan bagi korban.

"Tidak mungkin bersiap menghadapi bencana seperti itu," kata Erdogan saat mengunjungi Provinsi Hatay, sebagaimana dikutip dari AP, Kamis (9/2/2023).

"Kami tidak akan meninggalkan warga negara kami tanpa perawatan," lanjut Erdogan. 

Erdogan, yang bakal mencalonkan kembali pada Pemilu bulan Mei mendatang, mengaku proses tanggap darutat bencana menghadapi kendala. Yakni, faktor cuaca musim dingin serta rusaknya landasan pacu di bandara Hatay sehingga menghambat proses pengiriman bantuan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral