Ilustrasi - Hukuman mati..
Sumber :
  • Antara

Malaysia Hapus Hukuman Mati Atas Berbagai Kejahatan Serius

Rabu, 12 April 2023 - 15:40 WIB

Jenewa, tvOnenews.com - Malaysia telah menghapus hukuman mati atas berbagai kejahatan serius. Hal ini memperoleh pujian dari para ahli hak asasi manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghapusan hukuman mati ini dilakukan, setelah Parlemen Malaysia melakukan pemungutan suara pekan lalu untuk menghapus hukuman mati atas pelanggaran seperti pembunuhan, terorisme, dan pengkhianatan--kemudian menggantinya dengan hukuman lain termasuk penjara seumur hidup.

"Keputusan itu berpotensi menyelamatkan nyawa 1.300 orang terpidana mati dan mendukung tren global menuju penghapusan universal (untuk hukuman mati)," kata pakar PBB dalam sebuah pernyataan, Selasa (11/4).

Para ahli HAM PBB menekankan bahwa hukuman mati tidak sesuai dengan prinsip dasar hak asasi dan martabat manusia.

"Hukuman itu meniadakan kemungkinan hakim untuk mempertimbangkan keadaan pribadi terdakwa atau keadaan pelanggaran tertentu dan mengindividualisasikan hukuman,” kata PBB.

Para ahli PBB menyampaikan harapan bahwa keputusan tersebut akan membuka jalan bagi penghapusan sepenuhnya hukuman mati di Malaysia, dan akhirnya di seluruh wilayah.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral