Sebuah kolom militer kelompok tentara bayaran swasta Wagner melaju di sepanjang jalan raya M-4, yang menghubungkan ibu kota Moskow dengan kota-kota selatan Rusia, Sabtu (24/6/2023)..
Sumber :
  • Antara

Yevgeny Prigozhin Dilaporkan Telah Meninggalkan Rusia

Senin, 26 Juni 2023 - 06:57 WIB

tvOnenews.com - Yevgeny Prigozhin yang merupakan pemimpin kelompok Wagner beserta seluruh pasukannya, telah meninggalkan Rostov. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Rostov Vasily Golubev di media sosial Telegram.

"Pasukan Wagner telah meninggalkan Rostov dan pergi menuju kamp-kamp lapangan mereka,” kata Gubernur Rostov Vasily Golubev di Telegram.

Dalam rekaman video terlihat Prigozhin sedang meninggalkan Rostov-Na-Don menggunakan mobil. Selain itu, juga ada sejumlah gambar di media sosial memperlihatkan Wagner sedang meninggalkan gedung markas besar Distrik Militer dan memindahkan peralatan militer mereka dari kota tersebut.

Sebelumnya, pada Jumat (23/6) waktu setempat Wagner menuding pasukan Rusia menyerang para petempurnya sehingga kelompok paramiliter itu terdesak dari Ukraina ke Kota Rostov-on-Don di Rusia.

Badan Keamanan Federal Rusia lantas membuka kasus pidana terhadap kelompok Wagner atas tuduhan pemberontakan bersenjata. Presiden Vladimir Putin menyebut pemberontakan itu sebagai tindakan "pengkhianatan".

Menanggapi tuduhan itu Prigozhin mengatakan akan mengerahkan pasukannya ke Moskow. Hal ini kemudian yang mendorong Kremlin (sebutan bagi pemerintah Rusia) untuk meningkatkan keamanan di berbagai wilayah negara itu.

Namun, Prigozhin kemudian menyatakan bahwa dia akan menarik mundur pasukannya di Rusia ketika mereka berada sekitar 200 kilometer dari Moskow.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
03:42
03:43
08:21
01:18
03:15
Viral