Sebuah roket Epsilon di landasan pacu setelah melewati jadwal peluncuran di Pusat Angkasa Uchinoura di kota Kimotsuki, perfektur Kagoshima, Selasa (27/8)..
Sumber :
  • Antara

Mesin Roket Uji Coba Jepang Epsilon S Meledak Setelah Satu Menit Diluncurkan

Sabtu, 15 Juli 2023 - 05:25 WIB

tvOnenews.com - Badan Penjelajah Antariksa Jepang (JAXA) saat ini sedang melakukan uji coba terhadap sebuah mesin roket kecil yang diberi nama Epsilon S.

Pada Jumat (waktu setempat) ketika dilakukan uji coba, mesin roket kecil milik Jepang Epsilon S meledak. 

Epsilon S meledak sekitar satu menit setelah uji coba darat untuk mesin tahap kedua dimulai. Ini merupakan kemunduran terbaru bagi JAXA.

JAXA sedang mengembangkan Epsilon S sebagai penerus Epsilon seri saat ini untuk meningkatkan daya saing Jepang dalam pasar peluncuran satelit yang kian berkembang.

Sebelumnya JAXA pernah meluncurkan roket seri pertama yang bernama Epsilon 6 dan memiliki lima model pada tahun 2023. Namun tahun 2022 Epsilon 6 dihancurkan karena melenceng dari lintasan yang semestinya.

Kegagalan itu membuat JAXA menunda peluncuran Epsilon S dari tahun fiskal 2023 ke tahun fiskal 2024 lantaran mesin tersebut menggunakan bahan bakar yang sama dengan Epsilon-6.

Roket seri Epsilon ini menggunakan bahan bakar cair yang membuat persiapan peluncuran menjadi sederhana daripada menggunakan bahan bakar padat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
Viral