Jet tempur F-16 Angkatan Udara AS dipamerkan selama Paris Air Show di Le Bourget, utara Paris, Prancis, Senin, 19 Juni 2023..
Sumber :
  • APTN

AS Kirim Jet Tempur F-16 untuk Lindungi Kapal dari Ancaman Iran di Wilayah Selat Hormuz

Sabtu, 15 Juli 2023 - 21:22 WIB

tvOnenews.com - Amerika Serikat (AS) mengerahkan jet tempurnya di Selat Hormuz untuk melindungi kapal-kapal disita oleh Iran. Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan AS semakin prihatin menyusul meruncingnya hubungan antara Iran, Rusia, dan Suriah di Timur Tengah.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa AS akan mengirimkan jet-jet tempur F-16 ke wilayah Teluk akhir pekan ini untuk menambah kekuatan pesawat tempur A-10 yang sudah dikerahkan ke perairan tersebut selama lebih dari satu pekan.

Langkah ini dilakukan setelah Iran mencoba merampas dua kapal tanker minyak di dekat selat Hormuz pekan lalu dan menembaki salah satunya.

Pejabat pertahanan yang tidak disebut namanya  memberi rincian operasi militer di wilayah tersebut, mengatakan bahwa F-16 akan memberikan perlindungan udara kepada kapal-kapal yang melintasi selat Hormuz dan meningkatkan visibilitas militer di daerah tersebut sebagai antisipasi. 

Angkatan Laut AS mengatakan kapal-kapal Angkatan Laut Iran mundur saat melihat kapal penghancur USS McFaul tiba di perairan tersebut.

Di sisi lain, AS juga sedang mempertimbangkan sejumlah opsi militer untuk mengatasi meningkatnya agresi Rusia di Suriah, yang mempersulit upaya untuk menyerang pemimpin ISIS akhir pekan lalu.

Aktivitas militer Rusia meningkat sejak Maret menyusul meningkatnya kerja sama antara Moskow, Teheran, dan pemerintah Suriah untuk menekan AS agar meninggalkan Suriah, kata seorang pejabat yang menolak menyebutkan namanya itu. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:28
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
Viral