Ilustrasi bangunan dan bendera India..
Sumber :
  • Antara

Ketegangan Terus Memanas, India Minta 40 Diplomat Kanada Ditarik

Selasa, 3 Oktober 2023 - 19:05 WIB

tvOnenews.com - Ketegangan antara India dan Kanada terus memanas. India telah memberitahu Kanada, untuk segera menarik 40 diplomat mereka. 40 diplomat itu diberi tenggat waktu hingga 10 Oktober 2023.

Berdasarkan sebuah sumber, Financial Times menyebut India akan mencabut kekebalan diplomatik bagi diplomat yang tetap tinggal setelah tanggal tersebut.

Menurut berita tersebut Komisi Tinggi Kanada di New Delhi memiliki lebih banyak diplomat dibanding perwakilan India di Ottawa. Perbedaan ini disebabkan oleh banyaknya bagian konsuler yang diperlukan untuk membantu kerabat dari sekitar 1,3 juta warga Kanada yang keturunan India.

Berita itu juga mengatakan bahwa di Ottawa saat ini ada 62 diplomat India, dan New Delhi telah menginstruksikan untuk mengurangi jumlahnya menjadi 41 orang.

Ketegangan antara kedua negara ini terjadi, setelah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau secara terbuka pada 18 September menuduh India terlibat dalam pembunuhan pemimpin Sikh-Kanada Hardeep Singh Nijjar di depan kuil Sikh di Surrey, British Columbia pada Juni lalu.

Tidak hanya tuduhan, Kanada juga meminta India bekerja sama dalam penyelidikan atas pembunuhan Nijjar. Kanada juga mengusir seorang diplomat tinggi India.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral