Suasana Bandara di Portugal.
Sumber :
  • Associated Press

Portugal Perketat Pengawasan di Bandara, Pelabuhan dan Perbatasan Jalur Darat Guna Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

Rabu, 1 Desember 2021 - 06:30 WIB

Lisbon, Portugal - Portugal memperketat pengawasan di bandara, pelabuhan dan perbatasan jalur darat sebagai bagian pengetatan pembatasan sosial untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Pengetatan berlaku mulai 1 Desember 2021. Seluruh penumpang yang tiba dari jalur udara atau laut harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 saat tiba. Baik penumpang yang telah divaksinasi dan belum harus tetap menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Bagi mereka yang menempuh jalur darat harus mematuhi sejumlah peraturan di perbatasan. Masyarakat Portugal juga diwajibkan kembali memakai masker di ruang tertutup, menunjukkan sertifikat vaksin dan negatif Covid-19 jika ingin masuk restoran, bioskop, hotel dan bahkan masyarakat yang belum divaksinasi wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 di rumah sakit, rumah panti jompo, gelaran olahraga, dan tempat hiburan malam.

Meski demikian pemerintah Portugal mengklaim untuk saat ini tidak dibutuhkan lockdown atau karantina wilayah, selama rumah sakit masih mampu menangani pasien Covid-19. Langkah-langkah pengetatan ini telah diumumkan pemerintah Portugal sejak pekan lalu.

Meski tidak mencatatkan lonjakan signifikan kasus Covid-19 seperti negara Uni Eropa lainnya, langkah ini tetap diambil karena Portugal mendeteksi 13 kasus Covid-19 varian Omicron.

Seluruh aturan pengetatan berlaku mulai 1 Desember 2021 kurang dari dua bulan setelah dilakukan pelonggaran karena target vaksinasi 86 persen dari populasi Portugal telah tercapai. (ap/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral