Beruang Mengais Sampah di Permukiman Warga di Alaska.
Sumber :
  • APTN

Kelaparan, Beruang Alaska Mengais Sampah di Permukiman Warga

Selasa, 13 Juli 2021 - 09:38 WIB

Alaska, AS - Seekor beruang di Alaska, Amerika Serikat tertangkap kamera sedang mengais-ngais tempat sampah di permukiman warga pada Senin (12/7) waktu setempat. Diduga satwa liar tersebut kelaparan sehingga keluar dari habitatnya untuk mencari makanan.

Anchorage mungkin merupakan kota terbesar di Alaska dengan hampir 300.000 penduduk, tetapi masih menarik satwa liar.

Departemen perikanan Alaska mengatakan penduduk Anchorage berbagi wilayah dengan satwa liar. Di tempat ini ada sekitar 350 beruang hitam Amerika dan 65 beruang coklat.

Ahli biologi setempat meyakini saat ini populasi beruang tidak didukung oleh ketersediaan makanan di alam. Semakin sedikitnya buah-buahan di hutan dan berkurangnya jumlah ikan salmon menjadi penyebab beruang kelaparan.

Hal ini mengakibatkan beruang berkelana dari hutan ke permukiman warga demi mencari makanan. Di sisi lain, warga juga tidak mengelola sampah sisa makanannya dengan baik sehingga menarik perhatian beruang

Beruang seringkali terlihat mendatangi permukiman dan menggali ke tempat sampah warga untuk mencari makanan. Terkadang beruang menemukan sisa ikan salmon dan buah matang dari tempat sampah warga. Mamalia itu biasanya muncul ke permukiman warga pada musim panas.

Kemunculan beruang kadang kala menimbulkan konflik dengan manusia. Beberapa waktu lalu beruang hitam pernah mengambil alih ruang terbuka hijau dan kehadiran anak beruang di tempat pembersihan ikan, sehingga membuat pemilik terpaksa menutup fasilitas pembersihan ikan tersebut. (aptn/ika/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral