Amnesty International.
Sumber :
  • Associated Press

Amnesty International Laporkan Israel Praktikan Kejahatan "Apartheid" Terhadap Warga Palestina

Rabu, 2 Februari 2022 - 07:11 WIB

Yerusalem, Palestina – Amnesty Internasional melaporkan Israel telah mempraktikkan kejahatan Apartheid terhadap warga Palestina dan meminta pertanggungjawaban Israel karena memperlakukan warga Palestina sebagai kelompok ras yang lebih rendah.

Berdasarkan laporan setebal 278 halaman itu yang dirangkum selama 4 tahun, Amnesty International menuduh Israel melakukan kejahatan Apartheid baik di dalam wilayah perbatasan dan wilayah kependudukan.

Laporan tersebut turut merinci bagaimana otoritas israel menegakkan sistem penindasan dan dominasi terhadap Palestina. Hasil investigasinya yang memberatkan mencantumkan serangkaian pelanggaran Israel termasuk penyitaan tanah dan properti Palestina, pembunuhan di luar hukum dan pemindahan paksa. Begitu juga dengan pembatasan gerakan penahanan dan penolakan kewarganegaraan bagi orang Palestina.

Israel sendiri telah membantah melakukan kejahatan Apartheid dengan mencontohkan jika warga Arab mendapatkan hak yang setara di Israel. Bahkan Israel menuduh laporan tersebut merupakan tindakan antisemitisme dan delegitimasi keberadaan Israel. Sementara itu, kelompok Hamas dan otoritas Palestina menyambut baik laporan ini. (ap/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral