Tentara pro-Rusia terlihat di atas kendaraan lapis baja selama konflik Ukraina-Rusia dekat Mariupol di wilayah Donetsk, Ukraina, 20 Mei 2022..
Sumber :
  • tim tvOne

Ukraina Kesampingkan Opsi Gencatan Senjata, Sementara Rusia Tingkatkan Serangan

Senin, 23 Mei 2022 - 14:47 WIB

Kyiv - Ukraina kesampingkan gencatan senjata atau konsesi teritorial apapun ke Rusia, pada saat yang bersamaan Rusia telah meningkatkan serangannya ke Ukraina, Senin (23/5/2022).

Rusia telah meningkatkan serangannya di wilayah Donbas dan Mykolaiv dengan serangan udara dan tembakan artileri, sesuai dengan yang digambarkan Ukraina sebagai strategi “bumi hangus” untuk memenangkan kendali front timur.

Penyerangan itu ditanggapi oleh Kepala Staf Kepresidenan Ukraina, ia menyatakan perang harus diakhiri.

"Perang harus diakhiri dengan pemulihan total integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina," kata Andriy Yermak, kepala staf kepresidenan Ukraina dalam sebuah postingan di Twitter, dikutip Senin, (22/5/2022).

Presiden Polandia, Andrzej Duda, menawarkan dukungan kepada anggota parlemen di Kyiv, ia mengatakan masyarakat internasional harus menuntut penarikan penuh tentara Rusia, mengorbankan wilayah apapun akan menjadi "pukulan besar" ke seluruh negara barat.

"Suara-suara yang mengkhawatirkan telah muncul, mengatakan bahwa Ukraina harus menyerah pada tuntutan Putin," kata Duda.

Pada saat yang sama, negosiator utama Ukraina, Zelenskiy Mykhailo Podolyak, mengesampingkan konsesi teritorial dan menolak seruan untuk gencatan senjata segera dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada Sabtu, (21/5/2022). Ia mengatakan setiap konsesi akan menjadi bumerang karena Rusia akan menggunakan jeda dalam pertempuran untuk kembali lebih kuat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral