Kiswah atau kain penutup Ka'bah.
Sumber :
  • Antara

Kiswah Kain Penutup Ka'bah Diganti Tepat di Malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah

Sabtu, 30 Juli 2022 - 05:49 WIB

Jakarta, tvOne

Kiswah kain penutup Ka'bah diganti tepat pada malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah usai shalat Isya di Masjidil Haram, Mekkah al Mukarramah, Arab Saudi, Kamis malam.

Pekerja menaiki tangga hidrolik membuka satu per satu kain bertuliskan kaligrafi ayat Al Quran yang menghias kiswah di empat sisi Ka'bah.

Sejumlah pekerja lainnya yang berseragam gamis putih dengan rompi hitam berada di atas Ka'bah untuk melepas kain sutera hitam yang menutup Ka'bah.

Sementara itu, ribuan jamaah memadati Masjidil Haram, menyaksikan momen langka saat penggantian kiswah sambil tawaf mengelilingi Ka'bah. Sebagian duduk di bagian pinggir area mataf atau area tawaf menyaksikan pelepasan kain kiswah.

Lebih dari sejam sejak usai shalat Isya sekitar pukul 20.31 Waktu Arab Saudi (WAS), pekerja masih berupaya melepas bagian-bagian kiswah.

Biasanya, kiswah diganti setiap 9 Dzulhijjah saat jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Tahun ini untuk pertama kalinya penggantian kiswah dilakukan pada 1 Muharram atas perintah Raja Salman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral