Menlu Retno Marsudi dan Menlu Inggris Elizabeth Truss.
Sumber :
  • Antara

Elizabeth Truss Terpilih Menjadi Perdana Menteri Inggris Baru

Selasa, 6 September 2022 - 11:44 WIB

London, Inggris - Elizabeth Truss yang berusia 47 tahun, telah terpilih sebagai pemimpin baru Partai Konservatif. Hal ini diumumkan oleh partai itu pada hari Senin waktu setempat. Truss akan menjabat sebagai Perdana Menteri Baru Inggris pada hari Selasa waktu setempat.

Truss mengalahkan mantan kepala Departemen Keuangan Rishi Sunak. Truss memperoleh 81.326 suara, dibandingkan dengan Sunak yang memperoleh 60.339 suara.

Dia menghadapi tekanan segera untuk memenuhi janjinya untuk mengatasi krisis biaya hidup yang melanda Inggris dan ekonomi menuju ke resesi yang berpotensi panjang.

Ratu Elizabeth II dijadwalkan secara resmi menunjuk Truss sebagai perdana menteri Inggris pada Selasa. Upacara akan berlangsung di perkebunan Balmoral ratu di Skotlandia, tempat raja menghabiskan musim panasnya.

Selama kontes kepemimpinan yang berlangsung, Perdana Menteri Boris Johnson tidak membuat keputusan kebijakan besar sejak dia mengumumkan dia mengundurkan diri pada 7 Juli, dan para penjabat bersikeras bahwa langkah-langkah untuk mengatasi krisis biaya energi akan ditangguhkan sampai penggantinya ada.

Sementara itu, puluhan ribu pekerja melakukan pemogokan untuk menuntut upah yang lebih baik guna mengimbangi kenaikan biaya yang tak henti-hentinya. Inflasi di atas 10% untuk pertama kalinya sejak tahun 1980-an, dan Bank of England telah memperkirakan bahwa akan mencapai tertinggi 42 tahun, yaitu 13,3% pada bulan Oktober. Itu sebagian besar didorong oleh melonjaknya tagihan energi, yang akan melonjak 80% untuk rata-rata rumah tangga mulai bulan depan.

“Saya akan menyampaikan rencana berani untuk memotong pajak dan menumbuhkan ekonomi kita. Saya akan mengatasi krisis energi, menangani tagihan energi masyarakat, tetapi juga menangani masalah jangka panjang yang kita miliki tentang pasokan energi,” kata Truss kepada anggota partai setelah dia terpilih.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral