Foto kerumunan warga melihat Peti Mati Ratu Elizabeth II di dalam mobil, Rabu (14/9/2022)..
Sumber :
  • APTN

Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Istana Buckingham, Warga London: Tuhan Selamatkan Ratu!

Rabu, 14 September 2022 - 12:37 WIB

Jakarta - Peti Mati Ratu Elizabeth II telah kembali ke Istana Buckingham pada Selasa (13/9/2022) malam waktu London. Setibanya jenazah Ratu Elizabeth II di kota London, rombongan disambut gerimis kecil dan kerumunan masyarakat di pinggir jalan yang ingin memberikan penghormatan terakhir kalinya kepada sang Ratu. 

Ribuan orang di luar istana berteriak “Tuhan Selamatkan Ratu!” sambil bertepuk tangan saat mobil jenazah berputar di depan bundaran Istana Buckingham. Sementera itu Raja Charles III beserta anggota keluarga lain menunggu di dalam istana. 

Peti mati itu melakukan perjalanan dari Edinburgh menuju Istana Buckingham di London. Sebanyak 33.000 pelayat yang hadir di kapel St.Giles untuk mendoakan Ratu. Ratu Elizabeth II adalah Raja/Ratu satu-satunya yang banyak dikenal masyarakat Inggris bahkan dunia. 

David Stringer pria 82 tahun yang merupakan pensiunan supir bus itu mengenang saat ia masih kecil menyaksikan penobatan Ratu. 

“Ini sangat memalukan, maksudku aku tidak memikirkannya setiap hari, tapi aku selalu tahu dia ada disana, dan hidupku hampir berakhir sekarang waktunya telah selesai,” ucap David Rabu (14/9/2022).

Peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa dengan kereta kuda pada Rabu (14/9/2022) ke gedung Parlemen untuk disemayamkan selama empat hari, sebelum pemakaman hari Senin (19/9/2022) di Westminster Abbey. 

Sedangkan di kediaman resmi keluarga kerajaan di Irlandia Utara ratusan orang berkumpul untuk memberi karangan bunga di depan gerbang kastil. Raja Charles III dan Camilla turun dari mobilnya untuk melambai ke kerumunan. Raja juga mengelus seekor anjing Coorgi yang merupakan jenis anjing favorit mendiang sang Ratu. (mg2/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral