Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • AP Newsroom

Presiden Vladimir Putin: Barat Ingin Pecah Belah Rusia Seperti Uni Soviet

Kamis, 22 September 2022 - 13:00 WIB

Jakarta - Presiden Vladimir Putin memperingatkan negaranya sedang diserang Blok Barat yang ingin Rusia terpecah seperti Uni Soviet.

“Tujuan Barat adalah untuk melemahkan, memecah belah, dan pada akhirnya menghancurkan bangsa kita. Mereka mengatakan secara langsung bahwa mereka berhasil memecah Uni Soviet pada tahun 1991, dan sekarang saatnya bagi Rusia sendiri untuk dipecah menjadi banyak wilayah yang akan saling menyerang,” ujar Putin dalam pidato yang disiarkan televisi, dikutip dari AP Newsroom, Kamis (22/9/22).

Diketahui, tuduhan Putin datang ketika dia memperbarui kabar tentang kampanye militer Rusia di Ukraina dan menjelaskan keputusannya memobilisasi cadangan tentara.

Selanjutnya, Putin bersikeras pemerintah Ukraina yang bermusuhan di Kiev adalah produk Russophobia yang disebabkan Barat.

“Selama beberapa dekade (Barat) dengan sengaja memupuk kebencian terhadap Rusia, pertama dan terutama di Ukraina, yang mereka bayangkan sebagai pijakan melawan Rusia. Barat mengubah rakyat Ukraina menjadi umpan meriam dan mendorong mereka berperang melawan negara kita,” ujar Putin.

Dia menyatakan konflik yang sedang berlangsung dimulai pada tahun 2014, ketika kudeta bersenjata di Kiev menggulingkan pemerintah terpilih Ukraina.

Seperti yang diketahui, AS dan sekutunya telah menyatakan tujuan mereka sebagai kekalahan Rusia di medan perang, akan mengarah pada penyangkalan total terhadap kedaulatan politik, ekonomi, budaya, dan segala jenis kedaulatan lainnya, penjarahan total terhadap bangsa kita.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral