Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat hadir dalam agenda Global Fund Seventh Replenishment Conference, di New York, Amerika Serikat, Kamis (22/9/2022).
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kemenkes

Menkes: Indonesia Beri Kontribusi US$ 15,5 Juta ke Global Fund untuk Perangi Penyakit di Dunia

Sabtu, 24 September 2022 - 10:09 WIB

Jakarta - Pemerintah Indonesia berkontribusi mendanai upaya global memerangi penyakit TB, HIV/AIDS, dan malaria senilai 15,5 juta dolar AS pada 2023-2025 melalui lembaga kemitraan kesehatan Global Fund.

"Hari ini Pemerintah Indonesia untuk pertama kalinya melangkah maju tidak hanya sebagai negara penerima, tetapi juga sebagai negara donor kemitraan publik dan swasta," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dari total 15,5 juta dolar AS kontribusi Indonesia, 10 juta dolar AS di antaranya merupakan kontribusi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sementara sisanya merupakan kontribusi dari industri farmasi serta yayasan di Indonesia, seperti Sinarmas 2 juta dolar AS, Kalbe 1,5 juta dolar AS, Paloma Foundatio 1 juta dolar AS, dan Tanoto Foundation 1 juta dolar AS.

Menurut Budi, kontribusi itu merupakan langkah konkret Indonesia untuk mempersiapkan agenda Pertemuan Tingkat Tinggi PBB tahun 2023 tentang penyakit Tuberkulosis (TB).

Dalam lawatannya ke New York, Amerika Serikat untuk memenuhi undangan Global Fund Seventh Replenishment Conference, Kamis (22/9), Budi mengatakan investasi Indonesia sebagai bentuk implementasi dari transformasi kesehatan, khususnya pada pilar ketiga dan keenam.

Pada pilar transformasi sistem ketahanan kesehatan, pendanaan itu akan dimanfaatkan untuk pengembangan obat TB baru di lini pertama, maupun untuk pengobatan pasien TB Resisten, serta vaksin TB.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral