Wakil Presiden AS Kamala Harris, Senin (26/9/22).
Sumber :
  • AP Newsroom

Wakil Presiden AS Bertolak ke Jepang Hadiri Pemakaman Shinzo Abe 

Senin, 26 September 2022 - 09:49 WIB

Jakarta - Jelang pemakaman Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan dihadiri berbagai pemimpin dunia, salah satunya Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris.

Harris yang memimpin delegasi pejabat dan mantan pejabat Amerika ke pemakaman itu, berencana menghabiskan tiga malam di Tokyo.

Selain menghadiri pemakaman Shinzo Abe, Harris juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. 

Wakil Presiden Amerika ini juga berencana melangsungkan pertemuan dengan para pemimpin bisnis Jepang sebagai upaya memperluas manufaktur chip komputer.

Selanjutnya, secara terpisah Harris akan mengunjungi angkatan laut Amerika yang bertugas di kapal perusak di pangkalan Angkatan laut terdekat.

Kunjungan ini menjadi yang kedua bagi Harris sejak menjabat pada Januari 2021. Kunjungan ini biasanya merupakan tugas langsung seorang wakil presiden, tetapi bagi Harris akan ada kontroversi di hampir setiap kesempatan ketika ia menghadiri peringatan untuk menghormati mantan perdana menteri Shinzo Abe itu.

Sekutu-sekutu Amerika sedang mencari kejelasan setelah beragam pesan soal apakah Presiden Joe Biden benar-benar akan mengirim pasukan untuk mempertahankan Taiwan dari potensi invasi China. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral