dok. Kapal induk AS USS Ronald Reagan berangkat dari pelabuhan di Busan, Korea Selatan..
Sumber :
  • AP Newsroom

Korea Utara Mengancam, Kapal Induk AS dan Kapal Korea Selatan Lakukan Latihan Militer Gabungan

Selasa, 27 September 2022 - 15:39 WIB

Jakarta - Kapal induk AS beserta kelompok tempurnya melaksanakan latihan dengan kapal perang Korea Selatan di Pantai Timur Semenanjung, Korea Selatan, pada Senin (26/9/2022) waktu setempat. Latihan tersebut merupakan latihan pertama dalam lima tahun terakhir. 

Latihan militer gabungan itu dilakukan setelah sehari Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik jarak pendek. 

Korea Utara melakukan lebih banyak tes dalam beberapa hari mendatang karena melihat latihan gabungan AS dan Korsel sebagai praktik untuk invasi dan sering bereaksi dengan memamerkan senjata yang dirancang untuk menyerang saingannya.

Menurut Angkatan Laut Korea Selatan, latihan yang dilakukan selama empat hari itu bertujuan untuk menunjukkan tekad kuat sekutu menanggapi provokasi Korea Utara dan meningkatkan kemampuan mereka untuk melakukan operasi angkatan laut bersama.

Lebih dari dua puluh kapal angkatan laut AS dan Korea Selatan, termasuk kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan, kapal penjelajah AS dan kapal perusak Korea Selatan dan AS dikerahkan untuk latihan tersebut. 

Selain itu, jet tempur, helikopter AS dan korea Selatan juga akan ambil bagian dalam pelatihan tersebut.

Diketahui, ini akan menjadi latihan gabungan bersama yang melibatkan kapal induk AS di dekat Semenanjung sejak 2017, ketika AS mengirim tiga kapal induk termasuk Reagan untuk latihan angkatan laut dengan Korea Selatan sebagai tanggapan atas uji coba nuklir dan rudal Korea Utara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral