Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.
Sumber :
  • Istimewa

Menlu RI Pimpin Pertemuan GABF dan BPMC di Adelaide Australia, Begini Hasilnya

Sabtu, 11 Februari 2023 - 04:31 WIB

Australia, tvOnenews.com - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi pimpin Government and Business Forum (GABF) dan Bali Process Ministerial Conference (BPMC), di Adelaide, Australia, Jumat (10/2/2023). 

Dalam pertemuan itu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi katakan dirinya baru saja selesai memimpin dua pertemuan. Yakni, pertemuan Government and Business Forum (GABF) yang dipimpin bersama antara Menteri Luar Negeri Australia, Menteri Luar Negeri Indonesia, wakil swasta Australia (Andrew Forrest) dan wakil swasta Indonesia (Pak Boy Tohir).

"GABF ini merupakan forum gabungan antara pemerintah dan swasta dalam konteks Bali Process untuk bersama-sama berkolaborasi menangani isu perdagangan manusia, penyelundupan manusia dan kejahatan terkait lainnya," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam siaran persnya.

Dia katakan juga, bahwa pertemuan yang kedua adalah pertemuan Bali Process Ministerial
Conference (BPMC). 

"Jadi kalau GABF itu adalah bersama dengan swasta, maka yang BPMC ini hanya wakil dari pemerintah. Pertemuan kali ini adalah pertemuan yang ke-8 dan saya pimpin bersama dengan Menteri Luar Negeri Wong," ujarnya. 

Sekali lagi, ia sebutkan, kedua pertemuan tersebut merupakan mekanisme kerja sama
dari Bali Process.

"Sebagaimana diketahui, Bali Process didirikan tahun 2002 oleh Indonesia dan Australia, dan merupakan forum konsultasi regional yang membahas isu tindak pidana perdagangan orang, penyelundupan manusia dan kejahatan terkait lainnya di kawasan," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:01
08:57
03:08
04:20
01:05
02:15
Viral