pemancing nyampah, telaga sarangan jadi kotor.
Sumber :
  • tim tvone - erfan

Pemancing Nyampah, Telaga Sarangan Jadi Kotor

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:27 WIB

Magetan, Jawa Timur- Gara-gara berulah dengan membuat Telaga Sarangan menjadi kotor banyak sampah, sejumlah petugas satpol pp Magetan menertibkan belasan pemancing dengan membubarkan mereka dari Telaga Sarangan, Rabu (13/10/2021). Langkah ini dilakukan setelah banyaknya keluhan dari pengunjung dan warga Sarangan, serta menegaskan kembali Perbup 23/2020 tentang Konservasi Sumber Daya Ikan di Perairan Umum Telaga Sarangan, yakni larangan memancing di Telaga Sarangan.

Sebelumnya, aktivitas pemancing dari warga luar Sarangan ini ramai, sejak ditutupnya Telaga Sarangan akibat pandemi dan aturan PPKM darurat, namun masalah baru yang ditimbulkan adalah tidak adanya rasa tanggung jawab dari para pemancing untuk menjaga kebersihan telaga. Puluhan pemancing yang datang setiap harinya malah nyampah, dengan meninggalkan beraneka jenis sampah plastik, botol minuman hingga batako yang dibawanya dari rumah, sehingga berserakan di sepanjang bibir telaga.

“Ya sebenernya kami terganggu mas dengan ulah para pemancing. Mereka membuang sampah yang mereka bawa dari luar di telaga. Selain di telaga, banyak juga buangnya di depan lapak pedagang.” kata Sri Rahayu, salah satu pedagang oleh-oleh khas Sarangan di pinggir telaga.

Meski demikian, petugas masih belum memberikan sanksi administrasi bagi pemancing, hanya sebatas memberikan himbauan edukasi dan membubarkan aktivitas pemancingan di area Telaga Sarangan.

“Sebelumnya kita mendapat banyak laporan dari warga sarangan dan pengunjung soal larangan memancing dan adanya perbup terkait larangan memancing di Telaga Sarangan. Selain itu adanya pemancing yang meninggalkan sampahnya di Telaga Sarangan.” tegas Ferry Yoga Saputra, Kabid Penegak Perda Satpol PP Magetan. (Miftakhul Erfan/hen)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral