Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Antara

Mahfud MD Tegaskan Indonesia Tak Akan Berdiplomasi dengan Israel selama Masih Tak Akui Palestina

Selasa, 28 Maret 2023 - 15:28 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Kehadiran Timnas Israel dalam ajang olahraga Piala Dunia U-20 2023 masih menjadi pro kontra bagi masyarakat Indonesia.

Pasalnya, kehadiran Israel dalam ajang Piala Dunia yang tuan rumahnya adalah Indonesia telah ditolak secara mentah oleh para kepala daerahnya. Diantaranya adalah Bali dan Jawa Tengah.

Terkait hal ini, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menegaskan bahwa Indonesia tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel selama penjajahan di Palestina masih berlangsung.

"Indonesia tidak akan berdiplomasi dengan Israel selama Israel tak akui Palestina," kata Mahfud dalam akun Twitternya, dikutip Selasa (28/3/2023).

Dia menjelaskan, meskipun Indonesia masih menolak berdiplomasi dengan Israel. Namun di sisi lain, Mahfud menyampaikan, Indonesia juga ingin bergaul dengan baik lewat olahraga. Dua pandangan itu, kata Mahfud, yang sedang diupayakan pemerintah saat ini.

Dia menyebut, hingga saat ini Pemerintah masih mencari jalan tengah untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Israel adalah imprialis. Tapi Indonesia berusaha aktif di FIFA. Indonesia kini sedang mencari penyelesaian dari dua prinsip tersebut, yakni Indonesia tidak terima Israel tapi ikut aktif di FIFA. Masih terus diolah," ujar dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral